Lewati ke konten
Apakah itu Aurora Borealis???? - OSCARLIVING

Apakah itu Aurora Borealis????

Aurora Borealis terjadi saat adanya koalisi antara partikel gas di atmosfer bumi dan partikel listrik yang dipantulkan oleh matahari. Warna-warni cahaya yang terlihat dikarenakan oleh macam/tipe dari partikel gas yang bertabrakan tersebut. Warna hijau muda kekuning-kuningan yang merupakan warna yang sering dan paling umum muncul, dihasilkan yang oleh molekul oksigen yang terletak sekitar 97 km (60 mil) dari bumi.  Sedangkan warna lainnya yang jarang muncul, seperti merah dihasilkan molekul oksigen dari ketinggian 322 km (200 mil). Sedangkan nitorgen menghasilkan warna biru atau merah ke ungu-unguan.

Secara ilmiah proses terciptanya sinar Aurora bisa di jelaskan sebagai berikut :

Temperature di lapisan luar matahari berkisar ribuan derajat celsius. Pada temperatur sepanas ini, benturan/kolisi antara molekul gas sering kali terjadi dan menimbulkan ledakan. Elektron-elektron yang terbebas akibat benturan tersebut, terlempar dari atmosfer matahari saat matahari berotasi. Elektron-elektron tersebut keluar dari lubang-lubang medan gaya (magnetic field) matahari. Lalu tertiup oleh angin matahari ke bumi. Partikel yang beraliran listrik tersebut dibelokkan oleh medan gaya (magnetic field) bumi. Di kutub utara dan selatan, kekuatan medan gaya bumi sangat lemah, oleh karena partikel bermuatan listrik yang dipantulkan oleh menerobos masuk ke atmosfer bumi dan bertabrakan dengan partikel gas bumi. Kolisi ini menghasilkan cahaya yang berdansa di atas langit kutub utara dan selatan.

Cahaya dari Aurora terletak di jarak 80 km (50 mil) sampai dengan  640 km (400 mil) dari permukaan bumi.

Aurora bisa terlihat di bumi bagian utara (Northern Lights/Aurora Borealis) dan selatan (Southern Lights/Aurora Australis), terpusat di magnet kutub dengan bentuk oval yang tidak teratur.

#OSCARLIVING #OLIV #BELANJAFURNITUREJADIMUDAH #FURNITUREJAKARTA #INDONESIABAIK #CARIFURNITURE #FURNITUREKANTOR #PUSATFURNITUREKANTOR #KURSIKANTOR #Jalanjalan #Travelingbersamaoscarliving #jalanjalansamaoliv $northernlight #iceland #norway #russia 

Artikel sebelumnya BERENANG DENGAN IKAN HIU DI TAMAN NASIONAL TAKABONARATE
Artikel berikutnya MELIHAT AURORA BOREALIS DI NORWEGIA bersama oscarliving

Tinggalkan komentar

Komentar harus disetujui sebelum muncul

* Bidang wajib diisi

Bandingkan produk

{"one"=>"Pilih 2 atau 3 item untuk dibandingkan", "other"=>"{{ count }} dari 3 item dipilih"}

Pilih item pertama untuk dibandingkan

Pilih item kedua untuk dibandingkan

Pilih item ketiga untuk dibandingkan

Membandingkan