Lewati ke konten
Kelimutu yang dipercaya sebagai danau Para Roh - OSCARLIVING

Kelimutu yang dipercaya sebagai danau Para Roh

Taman Nasional Kelimutu merupakan salah satu taman nasional di Indonesia yang berada di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Flores, NTT.

Pesona keindahan Danau Kelimutu tidak terlepas dari danau tiga warna yang warnanya dapat berubah-ubah dan juga berkembangnya mitos yang selama ini dipercayai oleh penduduk sekitar. Perubahan warna ketiga danau itu disebabkan oleh komposisi mineral yang terdapat dalam danau itu.

Ketiga danau tersebut bernama Tiwu Ata Polo (danau warna merah), Tiwu Nua Muri Koo Fai (danau warna biru) dan Tiwu Ata Mbupu (danau warna putih) Tiga danau yang memiliki luas sekitar 1.051.000 meter persegi, menurut kepercayaan penduduk sekitar memiliki perbedaan makna sesuai dengan namanya.

- Tiwi Ata Mbupu yang merupakan danau berwarna putih dan dipercaya oleh penduduk, sekitar sebagai tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang sudah meninggal. Luas danau ini mencapai 4,5 hektare.

- Tiwu Nuwa Muri Koo Fai adalah danau yang berwarna biru dan dipercaya penduduk lokal sebagai tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda yang telah meninggal. Luas danau ini sekitar 5,5 hektare. Jika dilihat dari ketinggian, warna danau ini adalah hijau lumut kebiruan.

- Tiwu Ata Polo yang merupakan danau berwarna merah dan penduduk sekitar percaya bahwa danau ini adalah tempat berkumpul bagi jiwa-jiwa orang yang meninggal dan melakukan kejahatan semasa hidup. Luas danau ini hanya sekitar 4 hektare dengan kedalaman 64 meter.Perubahan warna air pada danau yang berada di Kawasan Taman Nasion Kelimutu ini menjadi daya tarik utama destinasi wisata ini. Masyarakat setempat juga percaya adanya mitos tertentu di balik perubahan warna tersebut.

Danau tiga warna ini sekaligus menjadi pembeda antara danau ini dengan kawah gunung berapi lain di Indonesia. Mengutip dari beberapa sumber, kawasan objek wisata NTT ini dulunya ditemukan oleh warga negara Belanda, Lio Van Such Telen. Hal tersebut terjadi sekitar 1915 dan akhirnya menarik para wisatawan asing untuk datang.

Nama Kelimutu terdiri dari dua kata, yaitu 'Keli' dan 'Mutu'. Dalam bahasa lokal, Keli berarti gunung, sedangkan Mutu berarti mendidih.

Danau ini tak hanya menawarkan keindahan warna kawahnya yang memukau, tetapi juga akan membuat takjub siapa saja yang menyaksikan hamparan pemandangan alam di pegunungan Kelimutu. Berada di sekitar pegunungan membuat danau ini menjadi semakin asri dan nyaman untuk dikunjungi.

#OSCARLIVING #OLIV #BELANJAFURNITUREJADIMUDAH #FURNITUREJAKARTA #INDONESIABAIK #CARIFURNITURE #FURNITUREKANTOR #PUSATFURNITUREKANTOR #KURSIKANTOR #PTOSCARMITRASUKSESSEJAHTERATBK #jalanjalanbersamaoliv #kelilingdunia #travelling #Traveltheworld #jalanjalan #NTT #kelimutu #Danautigawarna #danaukelimutu #Ende #Flores #indonesiakaya #indonesiahebat 

 

Source : Wikipedia

Photography : Hendro Hioe

Artikel sebelumnya Hari Nelayan Nasional diperingati
Artikel berikutnya Milfordsound keajaiban dunia ke 8 yang menjadi situs warisan UNESCO

Tinggalkan komentar

Komentar harus disetujui sebelum muncul

* Bidang wajib diisi

Bandingkan produk

{"one"=>"Pilih 2 atau 3 item untuk dibandingkan", "other"=>"{{ count }} dari 3 item dipilih"}

Pilih item pertama untuk dibandingkan

Pilih item kedua untuk dibandingkan

Pilih item ketiga untuk dibandingkan

Membandingkan