Lewati ke konten
Milfordsound keajaiban dunia ke 8 yang menjadi situs warisan UNESCO - OSCARLIVING

Milfordsound keajaiban dunia ke 8 yang menjadi situs warisan UNESCO

Sejarah Milford Sound dimulai sejak lama, ketika seluruh Selandia Baru masih berupa hutan dan pegunungan, sungai dan laut yang masih alami. Masyarakat Māori yang tinggal di Pulau Selatan menemukan Milford Sound lebih dari 1.000 tahun yang lalu. Suku-suku akan melakukan perjalanan ke sana untuk memancing dan berburu di sekitar fyord, dan untuk mengumpulkan pounamu yang berharga. Perjalanan dari timur ini menggunakan jalur tradisional melintasi jalur, termasuk yang sekarang dikenal sebagai MacKinnon Pass di Milford Track.



Dalam legenda Māori, Milford Sound dibentuk oleh Tu-te-raki-whanoa. Dia adalah seorang atua (sosok saleh) yang bertugas membentuk pantai Fiordland. Sambil melantunkan karakia (doa) yang kuat, dia menebas dinding batu yang menjulang tinggi dengan toki (adze) yang disebut Te Hamo dan mengukirnya dari tanah.

Nama Māori untuk Milford Sound, Piopiotahi, berarti “satu piopio”. Ketika pahlawan legendaris Maui meninggal saat mencoba memenangkan keabadian bagi orang-orang yang dicintainya, seekor piopio (burung asli yang telah lama punah) konon terbang ke sini untuk berkabung.

Para pemukim Eropa awal tidak menjelajahi Milford Sound dengan perahu, tanpa menyadari bahwa di dalam pintu masuknya yang sempit terdapat wilayah yang begitu indah untuk dijelajahi. Faktanya, lokasi ini sangat tersembunyi sehingga penjelajah terkenal Kapten Cook berhasil melewati pintu masuk fiord sebanyak dua kali!

Pada tahun 1823, seorang penyegel bernama John Grono adalah pemukim Eropa pertama yang berkunjung. Dia menamakannya Milford Sound setelah Milford Haven, sebuah jalan masuk sempit yang panjang di pantai Welsh.

Belakangan pada abad itu, seorang Skotlandia bernama Donald Sutherland menjadi penduduk tetap pertama di Milford Sound. Sutherland menjalani kehidupan yang menarik, menghabiskan waktu di ketentaraan, sebagai penyegel dan pencari emas. Pada tahun 1877 dia meninggalkan segalanya dan berlayar menyusuri garis pantai Fiordland, hanya ditemani anjingnya. Ketika dia sampai di Milford Sound, dia memutuskan untuk tinggal.

Sutherland memilih tempat tinggal di dekat tempat yang sekarang disebut Air Terjun Lady Bowen. Meskipun ia hidup sebagai seorang pertapa selama bertahun-tahun, ia membayangkan 'Kota Milford' yang berkembang. Dia juga menemukan Air Terjun Sutherland yang dinamai menurut namanya. Pada tahun 1890 ia menikah dan istrinya Elizabeth bergabung dengannya di Milford Sound.

Bersama-sama, keluarga Sutherlands membangun hotel pertama di Milford Sound, untuk mengakomodasi semakin banyak pejalan kaki yang tiba di sana melalui tempat yang sekarang disebut Milford Track. Setelah Donald meninggal pada tahun 1919, Elizabeth menjual hotel tersebut kepada pemerintah.

Semakin banyak pejalan kaki yang datang, dan cerita tentang keindahan kawasan yang belum terjamah mulai menyebar. Penulis Inggris Rudyard Kipling mengunjunginya pada tahun 1890-an dan menyatakan Milford Sound sebagai 'keajaiban dunia kedelapan'.

Sejak tahun 1935, para pekerja mulai membangun Terowongan Homer, mengebor batuan padat dari Lembah Hollyford ke Lembah Cleddau. Pekerjaannya berat dan kondisinya sulit, namun mereka tetap bertahan. Terowongan tersebut akhirnya dibuka pada tahun 1954, memungkinkan akses jalan raya ke Milford Sound, dan pengunjung mulai berbondong-bondong ke sana untuk melihatnya sendiri.

Pada tahun 1990 Milford Sound, bersama dengan Fiordland lainnya dan tiga taman nasional lainnya, dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Saat ini Milford Sound adalah tujuan wisata paling terkenal di Selandia Baru dan sering menduduki puncak daftar tempat terindah di dunia. Anda dapat mengunjungi Milford Sound dalam tur sehari dan menikmati pemandangannya yang menakjubkan dengan berlayar di fiord.

Sebagai sebuah fyord, Milford Sound terbentuk melalui proses glasiasi selama jutaan tahun. Desa di ujung fyord juga dikenal sebagai Milford Sound.

Milford Sound terbentang 15 kilometer ke daratan dari Laut Tasman di Dale Point (juga dinamai berdasarkan lokasi yang dekat dengan Milford Haven di Wales)—muara fyord—dan dikelilingi oleh permukaan batu terjal yang menjulang setinggi 1.200 meter atau lebih di kedua sisinya. Diantara puncaknya adalah The Elephant dengan ketinggian 1.517 meter, konon menyerupai kepala gajah, dan The Lion, 1.302 meter, berbentuk singa yang sedang berjongkok.

Milford Sound mempunyai dua air terjun permanen, Air Terjun Lady Bowen dan Air Terjun Stirling. Setelah hujan deras, air terjun sementara dapat terlihat mengalir menuruni permukaan batu curam yang melapisi fiord. Mereka diberi makan oleh lumut yang basah kuyup oleh air hujan dan akan bertahan paling lama beberapa hari setelah hujan berhenti.

Milford Sound memiliki komposisi air yang unik dimana 10 meter teratas permukaan airnya segar (seperti volume curah hujan) dan diwarnai dengan tanin dari vegetasi, menciptakan permukaan reflektif yang menghentikan penetrasi cahaya ke air laut dalam di bawahnya.

Kristal dan granit membentuk jenis batuan utama di Milford Sound. Jenis batuan keras ini tahan terhadap gerakan ukiran gletser yang kuat untuk membentuk dinding fiord yang menjulang tinggi dan air terjun yang mengalir. Milford Sound Piopiotahi juga merupakan rumah bagi endapan batuan bowenit, yang oleh suku Māori dikenal sebagai tangiwai, versi lebih ringan dari batu hijau atau pounam yang terkenal.

#OSCARLIVING #OLIV #BELANJAFURNITUREJADIMUDAH #FURNITUREJAKARTA #INDONESIABAIK #CARIFURNITURE #FURNITUREKANTOR #PUSATFURNITUREKANTOR #KURSIKANTOR #PTOSCARMITRASUKSESSEJAHTERATBK #jalanjalanbersamaoliv #kelilingdunia #travelling #Traveltheworld #jalanjalan #Newzealand #Milfordsound #NZ #Visitnewzealand #UNESCO #UNESCOHERITAGE

Artikel sebelumnya Kelimutu yang dipercaya sebagai danau Para Roh
Artikel berikutnya Gunung Rinjani - destinasi akhir para pendaki Indonesia

Tinggalkan komentar

Komentar harus disetujui sebelum muncul

* Bidang wajib diisi

Bandingkan produk

{"one"=>"Pilih 2 atau 3 item untuk dibandingkan", "other"=>"{{ count }} dari 3 item dipilih"}

Pilih item pertama untuk dibandingkan

Pilih item kedua untuk dibandingkan

Pilih item ketiga untuk dibandingkan

Membandingkan