Lewati ke konten
Mudik lebaran - sambil jalan jalan ???? - OSCARLIVING

Mudik lebaran - sambil jalan jalan ????

Lebaran sebentar lagi datang, banyak dari kami akan melakukan perjalanan mudik. waaaaah, seru sekali pasti nya bersilahturami  bersama keluarga besar dalam suasana yang Fitri. Tapi pengen jalan jalan juga dong pastinya. 

Tim Eksplorasi OLIV memilih destinasi di wilayah Jawa Timur sebagai tempat tujuan kali ini yaitu Air terjun Tumpak Sewu.

Air Terjun Tumpak Sewu atau disebut juga Coban Sewu adalah sebuah "Air terjun" berketinggian sekitar 120 meter. Air terjun ini berbatasan dengan Air Terjun Tumpak Sewu memiliki aliran air yang menyerupai sehingga termasuk dalam tipe "Air terjun" Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu ada di dalam sebuah yang curam memanjang dengan elevasi 500 meter di atas permukaan air laut. Air Terjun Tumpak Sewu terbentuk di aliran Sungai Glidih yang berhulu di "Gunung Semeru"

Air Terjun Tumpak Sewu terletak di perbatasan Malang-Lumajang, Jawa Timur tepatnya berada pada dua desa yaitu Desa "Sidomulyo, Pronojiwo, Lumajang", Kecamatan Pronojiwo, "Lumajang" dan Desa Sidorenggo Kecamatan Ampel Gading Kabupaten "Provinsi Jawa Timur" "Indonesia"

Hawa sejuk dengan pemandangan kehijauan yang asri di kiri kanan umum ditemukan di lokasi air terjun. Tapi air terjun Tumpak Sewu punya banyak daya tarik tersendiri yang membuatnya terlihat megah dan mempesona, yang membuatnya juga dijuluki Tebing Nirwana.

Air Terjun Tumpak Sewu merupakan salah satu air terjun tercantik yang ada di Jawa. Dari pusat kota Lumajang, lokasi air terjun yang satu ini masih jauh, mencapai 47 km ke arah selatan. Lokasi wisata Air Terjun tersebut masih berdekatan dengan spot keren lain, yaitu Goa Tetes. Dalam bahasa Jawa, tumpak bisa diartikan tumpuk, dan sewu adalah seribu.

Arti lain dari nama Tumpak Sewu adalah tumpak (naik) dan sewu (seribu). Jadi Tumpak Sewu berarti air terjun ini terlihat seolah sedang menaiki atau menumpang di dinding atau tebing air terjun.

Maka bisa disimpulkan nama Tumpak Sewu merupakan julukan dari tumpukan seribu air terjun. Meski tidak benar seribu, curahan air yang membentuk air terjun di sini sangat banyak, membuatnya terlihat seperti air terjun raksasa layaknya Air Terjun Niagara.

Deretan air terjun itu berjejer melebar bagaikan tirai, sesekali membiaskan pelangi yang indah. Lokasinya berada di ketinggian 500 meter dpl, sedangkan ketinggian air terjun dari atas ke bawah mencapai 120 meter.

Bentuk air terjun Tumpak Sewu ini indah dan berjejer seperti tirai. Air Terjun Tumpak Sewu termasuk dalam kategori tiered waterfall atau air terjun bertirai. Air terjun indah ini terbentuk dari aliran Sungai Glidik yang memiliki hulu di Gunung Semeru, gunung tertinggi di tanah Jawa.

 

Untuk menuju lokasi air terjun, wisatawan umumnya menggunakan jalur Lumajang karena lebih aman untuk menuju ke area bawah. Loket resminya juga ada di jalur Lumajang. Jalur Malang terbuat dari tangga vertikal yang menyeramkan.

Sebuah goa bersembunyi di balik Air Terjun Tumpak Sewu, yang diberi nama dengan Goa Bidadari. Tempat ini umumnya dipakai untuk kegiatan spiritual seperti bersemedi atau bertapa.

Masih di bagian area bawah, kamu juga akan menemukan lembah hijau yang biasa dijadikan spot foto oleh wisatawan. Dari sini kamu bisa melihat keindahan dan kemegahan air terjun dari bawah. Kalau kamu berteriak di sini, suaramu akan bergema.

Jadi Tunggu apalagi, yuk jumpa dengan tim Eksplorasi OLIV di Tumpak sewu lebaran Kali ini ya

#OSCARLIVING #OLIV #BELANJAFURNITUREJADIMUDAH #FURNITUREJAKARTA #INDONESIABAIK #CARIFURNITURE #FURNITUREKANTOR #PUSATFURNITUREKANTOR #KURSIKANTOR #PTOSCARMITRASUKSESSEJAHTERATBK #jalanjalanbersamaoliv #kelilingdunia #travelling #Traveltheworld #jalanjalan #Tumpaksewu #Malang #airterjun #Lumajang #Jawatimur #destinasifavorit #mudiklebaran2024 #lebaransebentarlagi

Source : Wikipedia & Traveloka 

Photography : Sofi Aida Sugiharto

Artikel sebelumnya Mengapa Sewa Furniture Jauh lebih menguntungkan di bandingkan membeli furniture?
Artikel berikutnya Tips yang membuat interior rumah lebih nyaman

Tinggalkan komentar

Komentar harus disetujui sebelum muncul

* Bidang wajib diisi

Bandingkan produk

{"one"=>"Pilih 2 atau 3 item untuk dibandingkan", "other"=>"{{ count }} dari 3 item dipilih"}

Pilih item pertama untuk dibandingkan

Pilih item kedua untuk dibandingkan

Pilih item ketiga untuk dibandingkan

Membandingkan