Tips & Trik

Tips Cermat Menyelamatkan Perabotan Anda setelah Banjir

Posting: 09 February 2018

Tips Cermat Menyelamatkan Perabotan Anda setelah Banjir

Oscarliving - Banjir bisa sangat menghancurkan. Apakah rumah Anda terkena banjir? Pastinya Anda akan mengunsing ke daerah lain bukan? Akan tetapi begitu Anda kembali, Anda dihadapkan pada tugas menyelamatkan furnitur rumah. Tenang saja, Kabar baiknya furnitur kayu bisa diperbaiki setelah kerusakan air loh. Berikut adalah beberapa langkah sederhana yang harus diikuti setelah banjir untuk menyelamatkan perabotan Anda:

 

1. Ambil foto

Setelah banjir, sebaiknya ambil foto kerusakan yang telah terjadi  pada rumah Anda untuk keperluan asuransi. Anda bisa mengambil foto keseluruhan dan kemudian mengambil gambar furnitur dan area yang paling rusak.

2. Bersihkan

Banjir sering datang bersamaan dengan lumpur dan kotoran. Usap furnitur Anda dengan kain lembut atau sikat. Usahakan untuk tidak menggosok kotoran yang menempel, melainkan mengusapnya dengan lembut untuk membersihkanya. Jika Anda mendapatkan kotoran yang benar-benar susah dibersihkan, maka anda cukup membersihkan bersama air hangat. Kemudian setelah bersih, keringkan furnitur Anda menggunakan lap kering.

3. Mengeringkan

Anda perlu mengeringkan furnitur Anda sesegera mungkin. Simpan di tempat yang teduh karena matahari bisa menyebabkan kayu basah retak dan melengkung. Jika Anda masih memiliki sedikit air di rumah atau lantai Anda basah, gunakan batu bata atau balok untuk menahan furnitur Anda dari lantai.. Hindari menggunakan segala jenis panas (pengering rambut, setrika) untuk mengeringkan perabotan karena hal ini akan merusak kayu.

4. Cegah Jamur

Sayangnya, lingkungan yang lembab tercipta oleh air banjir merupakan lingkungan yang sempurna bagi jamur untuk berkembang biak. Jamur dan spora ada dimana-mana dan mulai menempel setiap kali mereka menemukan lingkungan yang hangat dan hangat. Jadi, awasi furnitur Anda saat sedang mengering. Jika furnitur Anda telah lembab selama lebih dari 48 jam, kemungkinan Anda akan menghadapi beberapa jamur. Anda harus membersihkannya dengan menggunakan kain yang dibasahi dengan larutan air bersabun ringan. Sebagai alternatif, Anda bisa mencampur beberapa cuka putih dan air, semprotkan pada furnitur Anda dan kemudian bersihkan.

5. Furnitur berlapis

Furnitur berlapis yang sudah terendam air banjir kemungkinan akan membutuhkan pelapis ulang. Lapisan kulit dan vinil biasanya lebih tahan terhadap kerusakan air daripada pelapis berbasis kain. Anda bisa mencoba mengeringkannya dulu, tapi jika perabotan berbau apek atau menunjukkan noda air utama, Anda mungkin harus menggunakan metode yang lebih invasif.