Tips & Trik

Tips Cara Membedakan Funiture Antik Asli atau Palsu

Posting: 08 October 2018

Tips Cara Membedakan Funiture Antik Asli atau Palsu

Oscarliving – Barang antik sangat mahal dan langka. Apakah kamu mempercayai begitu saja jika seseorang bilang bahwa itu barang antik? Tentu saja ngak kan? Tidak tahu bagaimana membedakan antara sesuatu yang dibuat seratus tahun yang lalu dan sesuatu yang serupa yang dibuat tahun lalu dapat membuatmu menyesal setengah mati. Sudah membayar mahal tetapi yang didapatkan adalah palsu. Siapa yang tidak kesal? Maka dari itu kamu harus tahu cara membedakan barang antik asli atau palsu.

 

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengetahui apakah itu furniture antik asli atau bukan :

- Temukan tanda-tanda usia tua pada barang antik tersebut seperti retakan-retakan, noda, maupun kekasaran pada kayu. Sesuatu yang antik pastinya tidak akan terlihat rata dan halus tanpa meninggalkan bekas-bekas umur, iya bukan?

- Minta si penjual untuk membawa barang antik tersebut ke tempat yang terang untuk memastikannya. Perhatikan dengan seksama kerusakan yang asli akibat termakan usia maupun kerusakan palsu yang dibuat-buat.

- Keluarkan semua laci dari dalam lemari antik dan periksa bagian bawah dan sampingnya. Sebuah barang antik yang asli  pasti memiliki penyangga laci yang tidak tertatur, sementara suautu yang baru  pasti akan memiliki penyangga laci yang terihat sempurna, tentu saja kesempurnannya dibantu oleh mesin dari komputer

- Jika kamu melihat sekrup slot tunggal, maka kamu telah menemukan salah satu ciri furniture antik tersebut.

- Periksa juga kelicinan laci furniture tersebut ketika membuka tutupnya. Indikasikan bahwa furniture itu telah dibuka ribuan kali selama bertahun-tahun. Kamu dapat merasakan perbedaanya. Jika terasa kasar dan berdenyit maka benar itu salah ciri furniture antik.

- Indikasi lain bahwa sepotong mebel kayu adalah produk terbaru termasuk warna yang konsisten, sudut bulat pabrik, dan sekrup modern. Hal lain yang perlu diperhatikan: Bau. Sepotong baru hanya berbau lebih baru.

- Periksa bau furniture tersebut. Indikasikan produk itu tidak memiliki bau seperti furniture baru yang baru saja selesai di produksi. Kamu pasti tahukan bagaimana baunya? Bau cat yang masih membekas dapat kamu cium walau sudah 1 tahun lamanya.