Informasi | Berita

Masjid Berkristal Hijau Bersinar Terang di Iran

Masjid Berkristal Hijau Bersinar Terang di Iran

16 November 2016

Masjid Shah Cheragh. Masjid kaum Islam Syiah di Shiraz memang tampak biasa dari luar, dengan catnya yang berwarna coklat muda dengan satu kubah di atasnya. Namun masjid ini tidak dapat di pandang sebelah mata dari sisi luarnya saja.

ketika melangkahkan kaki ke dalamnya, siapa pun akan terperangah melihat interiornya. Pasalnya, tempat ibadah tersebut hampir seluruh dinding hingga ke plafonnya diselimuti kristal-kristal hijau yang berkilauan.Interior makin unik berkat ukiran khas Islam yang menghiasi seluruh isi bangunan. Terlihat sangat megah dan mewah, bertolak belakang dengan tampilan biasa di luarnya.

Masjid Shah Cheragh

Masjid ini dijuluki "king of the Light" atau "Raja Cahaya", hal itu dikarenakan memiliki jutaan pecahan kristal hijau yang memantulkan cahaya ke segala arah.

Namun, dibalik keindahan kilauan kristal hijau tersebut ada cerita yang melatarbelakangi masa lalu masjid tersebut. Sekitar tahun 900 masehi, ada seorang musafir yang melihat sesuatu yang bersinar dari kejauhan. Setelah didekati, ternyata sumber cahaya tersebut berasal dari sebuah kuburan. Sebuah mayat dengan baju zirah dan dinyakini sebagai tokoh Muslim penting ditemukan dalam kuburan tersebut.

Karena situs itu menjadi tujuan ziarah populer, umat pun banyak yang datang dan untuk melindungi makam, didirikanlah Masjid Shah Cheragh atau "King of the Light".

Dikarenakan usia yang telah tua, wajar bila masjid ini sudah beberapa kali mengalami renovasi. namun sampai sekarang Masjid Shah Cheragh tampil bersinar terang layaknya berlian dan keindahannya berhasil menarik para peziarah dan wisatawan dari seluruh dunia.