Informasi | Berita

3 Hal dalam Perjamuan Makan Table Manner

3 Hal dalam Perjamuan Makan Table Manner

12 January 2018

Oscarliving – Table manner adalah etika ketika dalam perjamuan makanan formal. Perjamuan formal memiliki etika-etika dalam menjalani acaranya. Kamu perlu memperhatikan setiap urutan hidangan maupun peralatan yang dipersiapkan di meja makanmu. Perjamuan formal memiliki setidaknya 3 urutan dalam menghidangkan makanan. Mari kami jelaskan bagaimana urutan menu dalam jamuan formal.

Urutan menu dalam jamuan formal

Hidangan Pembuka

Hidanga pembuka merupakan hidangan yang pertama kali disajikan yang berfungsi untuk membangunkan selera nafsu makan. Maka dari itu komposisi hidangan pembuka hanyala 50-75 gram. Hidangan pembuka dibagi menjadi 2 bagian yaitu hindangan pembuka panas dengan hidangan pembuka dingin. Hidangan pembuka panas biasa berupa soup atau hidangan yang cara mengolahnya berupa digoreng, dipanggang, dan yang pasti dimasak.  Hidangan pembuka dingin merupakan biasa berupa salad, sandwich, dan lain-lainnya.

Hidangan Utama

Hidangan utama merupakan hidangan sebagai menu utama yang berfungsi untuk memenuhi selera makan tersebut dan yang tentunya menjadi yanga utama dalam jamuan Ukuran porsinya pun lebih besar dari hidangan pembuka. Hidangan utama harus memiliki unsur hewani, sayuran, dan sausnya. Komposisi hidangan utama adalah 175-225 gram.

Hidangan penutup

Hidangan penutup merupakan hidangan yang terakhir kali disajikan biasanya berupa manis-manisan seperti kue, pudding, dan lain-lainnya. Akan tetapi terkadang juga bisa yang rasanya kuat yaitu seperti keju. Fungsinya adalah untuk menghilangkan kesan rasa hidangan yang terdahulu dan menutup urutan penyajian makanan. Komposisinya sekitar 100-120 gram.

Setelah semua hidangan di hidangkan, terakhir kamu akan ditawari kopi atau teh untuk menetralisirkan mulut dan tenggorokanmu.

Yang perlu kamu perhatikan adalah tetap jagalah etikamu ketika kamu mengikuti jamuan formal. Tentunya kamu akan dibantu oleh tuan rumah atau pelayan ketika kamu kebingungan dalam acara tersebut. Tuan rumah atau pelayan akan membimbingmu dengan sopan selama acara berlangsung