Informasi | Berita

5 Hal Penting dalam Kebersihan Dapur

5 Hal Penting dalam Kebersihan Dapur

07 February 2018

Oscarliving - Oscarliving – Ilmuwan menunjukkan bahwa dapur adalah tempat kuman paling mungkin ditemukan. Berikut adalah beberapa cara  untuk menjaga dapur tempat yang aman untuk menyiapkan makanan. Dapur bersih maka makananpun sehat.

1. Mencuci tangan

Yang perlu kamu ingat satu hal saat di dapur ingat ini. CUCI TANGANMU! Kuman menyebar dengan sangat mudah antara tangan dan makanan kita sehingga hal sangat baik memiliki sepasang tangan yang bersih sebelum melakukan persiapan makanan atau memasak. Mencuci tangan dengan benar saat menyentuh daging mentah, setelah pergi ke toilet, ataupun setelah menyentuh tempat sampah dapat secara signifikan membantu mengurangi penyebaran bakteri berbahaya seperti E. coli dan salmonella.

2. Masak dengan benar.

Jika kamu seorang koki profesional yang membaca ini maka kamu mungkin berpikir hal ini sudah jelas! Tapi mengejutkan berapa banyak orang yang memasak makanan. Jika bahan makanan dimasak dengan asal(terutama daging dan unggas) maka akan ada peningkatan risiko bakteri berbahaya yang tertelan yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Jika ragu, potonglah makanan seperti ayam, sosis, burger, dan potongan daging lainnya untuk memastikan semuanya sudah matang.

3. Penyimpanan.

Penyimpanan makanan yang benar di dapur sama pentingnya dengan memasak yang benar. Saat menyimpan makanan di lemari es atau pendingin pastikan makanan berada pada suhu kamar atau lebih rendah. Menempatkan makanan hangat di lemari es atau belum sepenuhnya dingin bisa menyebabkan keracunan makanan. Tutupi makanan kamu juga, makanan yang ditinggalkan di tempat terbuka rentan terhadap bakteri.

4. Mencuci Buah dan Sayuran.

Saat menangani buah dan sayuran segar selalu dianjurkan untuk mencucinya sebelum menggunakannya. Mencuci buah dan sayuran dapat membantu menghilangkan kuman dan bakteri berbahaya dari permukaan makanan.

5. Pembersihkan  setelah memasak

Pembersihan sangat penting. Rata-rata papan potong dapur memiliki sekitar 200% bakteri lebih banyak daripada rata-rata bakteri di toilet, spons basah, dan sikat cuci merupakan tempat berlindung bagi bakteri. Cuci dan seka peralatan dapur Anda dengan menggunakan produk kebersihan yang benar dapat mengurangi risiko kontaminasi silang secara dramatis. tangan kami dapat membantu kamu menjaga kebersihan dapur.