Informasi | Berita

Tungau TIdak Berbahaya? Ini Fakta Tentang Tungau yang Selalu Menemani Tidurmu

Tungau TIdak Berbahaya? Ini Fakta Tentang Tungau yang Selalu Menemani Tidurmu

28 August 2018

Oscarliving – Binatang apa yang sebenarnya selalu dimana-mana tapi tidak terlihat oleh mata telanjang? Bahkan mungkin saja kamu tidak sadar mereka sudah membuat tempat tinggal yang bagus untuk mereka sendiri di kasurmu. Binatang itu adalah tungau. Apakah tungau berbahaya? Yuk simak aja penjelasananya disini.

 

source : https://dh1muyqdu88ie.cloudfront.ne

Apa itu tungau?

Tungau adalah binatang kecil yang hobby memakan sisik kulit manusia, jamur, bakteri, maupun bulu binatang. Hanya makan? Lalu apakah mereka minum? Tidak, mereka tidak meminum air. Lebih tepatnya, mereka menyerapnya dari udara dan lingkungan.

 

source : hydroclean.id

Dimana biasanya tungau tinggal?

Tahukah kalian bahwa manusia kehilangan satu ons kulit mati perbulannya? Bahkan kamu tak akan sadar bahwa kulit-kulit yang mati itu sudah berjatuhan dimanapun kita berada. Lalu dimanakah biasanya kita menghabiskan banyak waktu? Kasur? Bantal? Sofa? Disana lah tungau sering berkumpul. Apalagi jika benda-benda itu usang dan jarang dibersihkan. Mereka hobby memakan kulit-kulit matimu yang berjatuhan. Wah kalau kamu jarang mandi, ngak heran para binatang ini banyak berkumpul di kasurmu.

 


source : pureearthaustralia.com

Apa tungau sangat berbahaya?

Jika kamu berpikir bahwa tungau sangat berbahaya dan senang menggigit, maka jawabannya adalah tidak. Tungau tidak menggigit, tungau hanya menyebarkan alergi. Mereka bukanlah parasit ataupun serangga kasur yang senang dibawah kulit kita yang senang menggigit. Mereka hanya hewan yang memakan kulit matimu yang berjatuhan. Kotoran mereka lah yang menciptakan debu yang memicu gejala alergi seperti pilek, mata merah, sesak napas, asma, batuk, eksim, dan tenggorokan terasa gatal. Nah sekarang kamu mengerti, debu adalah kotoran mereka. Bakteri pada debulah yang bisa menyebabkan gejala eksim.

 

source : images.homify.com

Bagaimana menghilangkan tungau?

Kamu tidak akan bisa menghilangkan tungau secara total. Kamu hanya dapat mengurangi populasinya. Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menurunkan kelembapan. Para peneliti mengatakan bahwa tungau tidak sanggup bertahan hidup ketika kelembaban di bawah 60 persen. Itu artinya tungau tidak kuat dengan suhu yang terlalu dingin dan kering. Pastikan kamu tidak membiarkan kamarmu pengap dan lembab ya. Membersihkan tempat tidur juga harus dilakukan untuk mengurangi populasi tungau debu. Air hangat (sekitar 80 derajat) dan deterjen dapat membantu menghilangkan bulu dan tungau. Pastikan kamu membersihkannya  seminggu sekali. Melakukan penyedotan debu seminggu sekali juga sangatlah ideal.

 

Nah itulah fakta tentang tungau yang selalu bersama kita dimanapun kita berada. Semoga artikel ini bermaanfaat bagimu. Terima kasih sudah membaca. Telusuri web kami ya untuk pengetahuan-pengetahuan lainnya. :)