Informasi | Berita

Pentingkah Hari Anak Nasional? Ketahui Beberapa Fakta Ini

Pentingkah Hari Anak Nasional? Ketahui Beberapa Fakta Ini

23 July 2019

Oscar living - Apasih pentingnya Hari Anak Nasional? Sebelum kita membahas pentingnya hari peringatan tersebut, ketahuilah beberapa fakta ini.

1. Sekitar 73% anak di Indonesia mengalami kekerasan fisik.

Apa yang dilihat mata, tidak menunjukan kebenaran seluruhnya. Kita sering melihat seorang ibu yang menjemput anaknya pulang sekolah dengan senyum. Membayangkan betapa baiknya ibu tersebut. Siapa yang tahu apa yang terjadi sebenarnya ketika mereka dirumah? Banyak orang tua yang melampiaskan amarah dan emosi mereka terhadap anak mereka sendiri. Apakah mereka sadar? Tentu tidak. Ketika emosi sudah memenuhi pikiran, kebanyakan orang akan tanpa pikir panjang melakukan sesuatu untuk melampiaskannya. Ntah dengan cara kekerasan fisik maupun emosional.

Nah riset mengatakan ada sekitar 73,7% Anak di Indonesia mengalami kekerasan dari siapapun. Termasuk orang tua, guru, kerabat, hingga orang asing. Kekerasan yang terjadi pun ada yang hingga pelecehan seksual. Banyak bukan? Tentu saja.

 

2. Kekerasan terhadap anak oleh orang tua berdampak dari merokok hingga bunuh diri.

Kekerasan dari orang tua bahkan dapat berdampak lebih parah daripada orang lain. Anak akan kerap membanding-bandingkan perilaku orang tua temannya terhadap orang tua dirinya. Inilah yang menjatuhkan mental mereka. Kekerasan fisik pada anak laki-laki biasanya memberikan dampak yang  menyebabkan perilaku seperti 78% merokok dan 33% mabuk-mabukan. Sedangkan anak perempuan akan 7% merokok, 14% mabuk, dan 6% menyakiti dirinya sendiri bahkan hingga bunuh diri.

 

3. Anak melakukan kekerasan kepada orang tua pun banyak terjadi.

Jika tadi kita membicarakan kekerasan yang terjadi pada anak, sekarang kita akan membicarakan tentang anak yang malakukan kekerasa pada orang tua. Pernahkah kamu melihat seorang anak yang menangis meraung-raung hingga memukul dan melempar barang disekitarnya di depan sebuat toko mainan? Sikap seperti ini biasanya disebabkan sikap orang tua yang salah dalam mendidik.

Para orang tua yang kerap menuruti keinginan anak karena tidak mau anaknya rewel justru akan menyebabkan sikap anak yang semakin rewel. Apalagi jika orang tua tersebut ringan tangan. Hal tersebut malah mencerminkan sikap yang akan dimiliki anak tersbeut di masa depan. Jangan heran jika suatu saat anak ini akan memukul balik orang tuanya khususnya laki-laki.

 

 

Pentingkah Hari Peringatan Anak Nasional?

Setelah mengetahui beberapa fakta diatas, masihkah kamu merasa Hari Anak Nasional tidak dibutuhkan? Hari Peringatan ini dibuat untuk mengingatkan para orang dewasa untuk menjaga hak-hak seorang anak. Sekaligus juga memberi tahu para anak-anak untuk mengetahui hak dan kewajiban mereka sebagai anak Indonesia.

Di Indonesia, Hari Peringatan Anak diperingat setiap tanggal 23 Juli. Presiden kita mengharapkan dengan adanya Hari Peringatan Anak ini, para anak dan para orang tua untuk selalu mengingat hak dan kewajiban mereka masing-masing.

 

Selamat Hari Anak Senational!