Informasi | Tips & Trik

Rumah Aman Saat Mudik

Rumah Aman Saat Mudik

16 June 2017

Oscarliving – Idul Fitri tidak lama lagi, tradisi masyarakat Indonesia pun akan dimulai kembali yaitu mudik ke kampong masing – masing untuk bersilahturahmi dan temu keluarga masing – masing.

Tidak sedikit orang yang mudik pergi dalam jangka waktu seminggu atau dua minggu. Rasa was-was pun ada untuk rumah yang ditinggalkan. Jika anda dan keluarga meninggalkan rumah untuk mudik maka jangan tinggalkan rumah begitu saja, karena akan rentan untuk menjadi sasaran para maling, pencuri dan perampok. Maka di perlukan tips ini untuk mengurangi kemungkinan rumah anda mengalami pencurian. Seperti yang dikutip dari Independent Traveler

1.Minta bantuan tetangga, teman atau kerabat dekat

cara paling praktis adalah dengan menitipkan ke teman, kerabat dekat atau tetangga anda. Minta tolonglah kepada mereka untuk mengecek rumah anda setiap hari, mulai dari memberi makan hewan peliharaan, sirami tanaman, atau menyalakan lampu teras di malam hari. Tetapi jangan lupa untuk memberikan nomor anda dan alamat tempat tinggal selama anda mudik agar teman atau kerabat mudah menghubungi anda saat keadaan sedang darurat. Jangan lupa juga kompensasi atas pertolongan mereka seperti oleh – oleh ataupun uang sebagai tanda terima kasih.

2.Tak perlu sesumbar rencana mudik di internet

Jika anda senang memposting kegiatan anda di internet, seperti facebook, twitter, atau situs social media lainnya, sebaiknya tahan keinginan itu untuk sementara, setidaknya sampai anda tiba dirumah anonimitas dunia internet membuat kita dengan mudah berbagi informasi pribadi tanpa menyadari, mungkin ada ratusan orang asing diluar sana yang mengintai anda di dunia maya. Ketika tahu tidak ada orang dirumah anda, bisa jadi menjadi sasaran empuk para maling.

Takperlu mengumumankan anda sedang pergi dengan keluarga ke luar kota, apalagi tanpa fitur “protect” pada post tersebut hingga semua orang tau. Voice mail pada telepon rumah, jangan mengatakan kalau anda sedang pergi, cukup katakan anda tidak dapat menerima telepon tersebut.

3.Jangan tutup tirai jendela

Biasanya saat anda pergi mudik anda akan menutup jendela rumah anda untuk mencegah orang melihat dalam rumah anda. Tetapi hal itu membuat orang yang berniat membantu sulit untuk melihat keadaan rumah anda. (tetangga, teman, satpam, polisi). Tirai yang tertutup selama lebih dari 2 hari pun sudah mengindikasikan rumah tersebut kosong sehingga bisa mengundang kriminalitas. Biarkan saja tirai anda terbuka tetapi masukan barang – barang elektronik atau barang penting anda kekamar atau tempat yang jauh dari jangkauan pengelihatan luar.

4.Matikan lampu

Banyak yang menyarangkan untuk menyalakan lampu saat anda pergi mudik agar terkesan ada orang dirumah. Tetapi ini hanya akan membuat tagihan listrik anda bengkak serta tidak ramah lingkungan. Lagipula rumah yang terang benderang saat malam hari juga terlihat aneh (untuk pencuri dan maling)

Lebih baik anda mengeluarkan uang lebih banyak demi keselamatan anda, belilah pengatur waktu yang bisa mematikan dan menyalakan lampu secara otomatis. Beberapa toko perangkat rumah modern sudah menyediakan timer ini. Selain hemat energy rumah anda pun akan aman

5.Cabut steker listrik

Jika anda mudik jangan lupa mencabut steker listrik untuk menghindari kenaikan daya listrik yang bisa menyebabkan konsleting. Selain itu bisa juga menghemat energi. Banyak perangkat elektronik yang tetap menyedot daya listrik meskipun sudah dimatikan, karena stekernya tidak dicabut.

6.Stop langganan Koran atau majalah

Berhentilah berlangganan Koran atau majalah saat anda sedang mudik, kiriman – kiriman tersebut akan membuat tumpukan di teras rumah anda sehingga mengundang pencuri untuk datang karena tau bahwa rumah anda sedang kosong. Selain itu cara ini juga menghemat biaya yang keluar saat berlangganan, lanjutkan lagi berlangganan saat anda sudah pulang.

Memang mudik sangat menyenangkan karena bisa bersilahturahmi dengan keluarga yang jauh. Tetapi saat kita senang pun kita lupa akan keadaan yang buruk termasuk pencurian perabotan rumah kita, elektronik, sehingga terjadi hal yang tidak kita inginkan saat pulang. Tidak ada salahnya mengikuti tips diatas demi kenyamanan Anda.