Informasi | Tips & Trik

7 Kegunaan Lemon untuk Keperluan Rumah Tanggamu

7 Kegunaan Lemon untuk Keperluan Rumah Tanggamu

13 November 2017

Oscar Living - Anda mungkin selama ini memanfaatkan buah lemon hanya untuk memasak, jus, atau sebagai campuran minuman. Ternyata, Anda juga bisa menggunakan buah lemon untuk beragam keperluan rumah tangga. Kamu bisa menggunakan lemon untuk hal-hal ini :

 

Menyegarkan Udara

Lemon bisa digunakan untuk pewangi alami, Anda cuma perlu memotong lemon menjadi beberapa potongan tipis, masukkan ke dalam wadah berisi air, dan tambahkan segenggam cengkeh. Semprotkan cairan teersebut dan bau tidak sedap di ruangan Anda akan hilang dan berganti dengan wangi lemon nan segar.

Memoles Wajan

Celupkan potongan buah lemon ke dalam garam kasar, kemudian gosokkan ke bagian wajan yang bernoda. Maka noda di wajan akan hilang dan terlihat seperti baru.

Membuat Pakaian Putih semakin Putih

Lupakan pemutih pakaian. Isi panci besar dengan air, tambahkan beberapa potong lemon dan didihkan. Matikan kompor, masukkan pakaian putih ke dalam panci dan rendam selama satu jam. Setelai selesai, kucek pakaian, bilas dan keringkan seperti biasa.

Menghilangkan Noda di Pakaian

Ada noda yang sulit dihilangkan di pakaian Anda? Coba cara berikut: tuangkan perasan air lemon di bagian noda selama satu jam. Jika noda masih menempel, buat pasta dari air dan baking soda, kemudian gosok perlahan. Cara ini baik digunakan untuk menghilangkan noda kopi, the, dan stroberi.

Memperlambat Buah Teroksidasi

Beberapa daging buah seperti apel dan alpukat akan teroksidasi hingga berubah warna menjadi cokelat bila terpapar udara luar. Anda bisa memperlambat proses ini dengan memberikan perasan lemon ke buah tersebut.

Membersihkan Papan Talenan

Ketika memotong bawang putih atau bawang bombay di papan talenan, terkadang baik noda maupun baunya masih tertinggal di papan tersebut. Untuk membersihkan dengan cara alami, potong lemon dan gosokkan di bagian permukaan. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air.

Membersihkan Rumah

Buat pasta pembersih dengan mencampurkan setengah gelas baking soda dengan sabun pencuci piring. Ratakan campuran bahan ini di atas setengah buah lemon dan gunakan untuk menggosok wadah seperti baskom, bahkan bak mandi dan tempat mencuci piring.

 

Selamat mencoba! :)