Informasi | Tips & Trik

Takut Peralatan Masakmu Berkarat? Cegah dengan 5 hal ini

Takut Peralatan Masakmu Berkarat? Cegah dengan 5 hal ini

13 April 2018

Oscarliving – Sering kali kita menyepelekan peralatan-peralatan masak dapur kita. Tanpa kita sadari jika kita tidak menjaganya dengan teliti, peralatan ini justru dapat membahayakan kesehatan. Kamu tidak ingin bukan panci, wajan, spatula dan lain-lainnya berkarat ataupun berjamur bukan? Nah 5 tips dibawah ini memmbantu agara panci dan peralatan masak lainmu akan lebih awetdan

 

1. Simpan di daerah yang tidak kotor

Udara yang lembab dan kotor dapat memicu kekaratan pada peralatan dapur loh. Pastikan kamu menyimpan peralatan dapurmu dengan sirkulasi udara yang baik. Jaga kebersihan dapur agar tidak ada hewan-hewan pengerat yang menyebabkan kerusakan pada peralatanmu.

 

2. Jangan sampai peralatan dapurmu gosong

Nah hal ini mempengaruhi lapisan peralatanmu loh. Lapisan pada peralatan yang gosong akan mulai mengikis. Jika hal ini terjadi, pastikan kamu merendamnya dengan air lalu bersihkan kerak gosongnya.

 

3. Pergunakan peralatan masakmu sesering mungkin

Jangan biarkan peralatan masakmu tidak terpakai sama sekali. Jika kamu jarang menggunakannya, kamu hanya akan membuat peralatanmu lembab dan lengket yang bisa jadi karena ulah binatang. Mereka senang untuk membuang kotoran dimana kamu sering menyentu atau membersihkannya.

 

4. Beri sedikit minyak

Cobalah beri sedikit minyak setelah selesai membersihkannya. Sedikit saja, untuk menjaga agar panci tidak berkarat dan debu tidak menempel.

 

5. Balut dengan kertas atau Koran

Bersihkan dan keringkang peralatan masakmu lalu bungkus dengan kertas. Tips ini membantu menjaga peralatanmu dari kotoran binatang, dan lembabnya udara dapur.