Informasi | Tips & Trik

Bingung Memilih Headboard? Ketahui 5 Jenis Bahan Headboard Ini Dahulu

Bingung Memilih Headboard? Ketahui 5 Jenis Bahan Headboard Ini Dahulu

10 January 2019

oscar living - Ada saat-saat ketika headboard merupakan pilihan yang berat untuk dipilih. Apalagi jika ini menyangkut kasur pertama yang kamu beli bersama pasanganmu. Memang sebagian tempat tidur sudah dilengkapi dengan headboard. Namun terkadang  kamu dapat membeli headboard secara terpisah bukan? Nah inilah 5 Jenis Bahan Headboard untukmu :

 

source : handstone.ca

1. Kayu

Kayu biasa digunakan sebagai bahan traditional headboard. Traditional bukan berarti jadul bukan? Justru kayu digunakan untuk menciptakan gaya tempat tidur yang mewah dan elegan lho. Kamu yang ingin kamarmu tampil mewah sekaligus elegan bisa memilih kayu sebagai heaboard. Apalagi jika headboardmu dari kayu jati. Wah kesan mewah akan sangat terlihat. Kayu merupakan bahan dasar dari beberapa jenis headboard klasik.

 

source : horrorcabin.com

2. Metal

Headboard metal biasa dibuat dari berbagai bahan, tetapi paling sering terbuat dari besi. Sandaran ini populer di belanda lho. Sandaran dengan bahan ini tahan lama jika dirawat dengan benar. Kamu harus menjaga headboard metal tetap bersih agar tidak cepat berkarat. Heabboard ini dapat menciptakan ilusi ruang di kamar yang lebih kecil agar tampil modern dan antik. Headboards metal dapat dicat agar sesuai dengan keinginanmu, tetapi sebenarnya lebih baik jika dibiarkan dalam kondisi alami untuk mencegah karat dan pecah.

 

source : tremontgrand.com

3. Kain

Headboard berlapis kain menambahkan elemen keanggunan ke kamar tidur. Ada banyak pilihan untuk headboard berbahan kain seperti microfiber, linen, atau beludru. Keunggulan headboard dengan bahan ini sangat nyaman ketika digunakan untuk bersandar. Apalagi jika kamu memilih headboard dengan lekukan di seluruh kain seperti digambar, pesona kamarmu akan semakin mencolok. Hanya saja, headboard dengan bahan ini sangat mudah kotor khususnya debu. Makanya kamu membutuhkan perawatan ekstra untuk membersihkannya.

 

source : pitus.info

4. Rotan

Headboard rotan akan terlihat alami di kamar tidur yang bergaya casual atau country. Jenis ini menggabungkan bahan organik seperti rotan agar desain tampil halus dan casual. Walau begitu, terkadang orang mengkelompokkan jenis ini pada jenis headboard kayu. Ini dikarenakan seringkali serat-seratnya dicampur di sekitar headboard jenis kayu. Walau sebernarnya jenis rotan berbedala lho dengan jenis kayu.

 

source : alicdn.com

5. Kulit

Banyak berbagai pilihan bahan kulit untuk membuat headboard kulit. Contoh saja seperti kulit binatang. Yang paling sering digunakan adalah kulit sapi. Adapun yang menggunakan kulit, kulit buaya, hingga kulit burung unta lho. Semakin eksotis binatang tersebut jelas akan semakin mahal. Tapi Oscar melarangmu jangan menggunakan kulit binatang ya, kita perlu melestarikan ekosistem kita. Kamu bisa menggunakan kulit buatan dari anilin maupun gandum.