Informasi | Tips & Trik

Tips Hilangkan Karat Super Cepat

Tips Hilangkan Karat Super Cepat

18 February 2019

Oscarliving - Secara teknis, karat adalah oksida besi dan terjadi ketika zat besi, atau zat yang mengandung zat besi terpapar dengan oksigen dalam jangka waktu lama. Kelembaban, biasanya air, mempercepat proses karat itu. Nah gimana ya caranya menghilangkan karat ini?

 

source : teen.co.id

1. Cuka

Cuka adalah salah satu tips yang efektif untuk menghilangkan karat, terutama jika telah keadaan yang berkarat belum terlalu parah. Contoh saja kamu ingin menghilangkan karat dari sekrup. Caranya sangat mudah untuk menghilangkannya. Kamu cukup merendamnya di dalam botol berisi cuka selama sekitar 1 hari hingga sekrup itu mengkilap.

 

source : apaperbedaan.com

2. Lemon atau jeruk nipis

Kedua, kamu bisa menggunakan lemon atau jeruk nipis. Tentunya dengan sedikit garam. Gosokkan garam ke seluruh area yang berkarat dan saat sudah dilapisi seluruhnya, peras lemon atau jus jeruk nipis ke atas garam. Peras sebanyak yang bisa, lalu biarkan bekerja selama dua atau tiga jam. Sisanya kamu bisa menggosok bagian yang berkarat Anda dengan penggosok besi. Tetapi untuk menghindari kerusakan logam lebih jauh, akan lebih baik kamu menggunakan kulit lemon atau jeruk nipis nih.

 

source : google.com

3. Baking soda

Jika tidak memiliki lemon atau jeruk nipis, kamu pun juga dapat menggunakan baking soda lho. Tuang sedikit baking soda ke dalam mangkuk dan tambahkan air secukupnya untuk membentuk pasta. Buatlah pasta yang sangat kental agr pasta dapat menempel dengan lebih kuat. Setelah kamu membuat pasta, oleskan ke daerah berkarat, biarkan selama beberapa jam, lalu gosok dengan sikat gigi.