Informasi | Tips & Trik

Tidak Ada yang Tahu Ini 5 Tips Membuat Halamanmu Penuh Kupu-Kupu

Tidak Ada yang Tahu Ini 5 Tips Membuat Halamanmu Penuh Kupu-Kupu

26 March 2019

Oscar Living – Kupu-kupu adalah salah satu serangga yang paling indah dan dicintai. Mungkin beberapa orang pernah menyebut mereka bagaikan bunga terbang. Jika kita bisa menghias kebun rumah kita dengan tanaman-tanaman indah, kenapa tidak tambahkan dengan bunga-bunga terbang ini? Apalagi semakin lama kita jarang melihat kupu-kupu di kota metropolitan seperti ini. Nah solusinya adalah tentu kita membangun rumah untuk para kupu-kupu cantik ini. Seperti kebanyakan makhluk bumi, kupu-kupu hanya membutuhkan makanan, air, matahari, dan tempat yang aman untuk memiliki keluarga. Nah Inilah 5 Tips Membuat Taman Kupu-kupumu Sendiri.

 

source : ciputramakassar.com

Gunakan Keanekaragaman Tanaman

Tahukah kamu? Kupu-kupu selalu menginginkan nektar dari berbagai tanaman bunga yang berbeda lho. Sama seperti jika kamu datang ke restoran. Coba deh bayangkan, kamu lebih senang dengan pilihan berbagai menu atau hanya 1 menu? Tentu yang memiliki banyak menu untuk menyesuaikan selera kita bukan. Nah kupu-kupu pun sama seperti kita. Mereka senang dengan berbagai tanaman bunga yang berbeda sebagai makanan mereka. Agar tidak salah, jangan lupakan untuk memperhatikan 3 tips ini.

1. Pilihlah tumbuhan yang cocok dengan keadaan lingkungan daerahmu. (Seperti apakah daerahmu kerap panas atau dingin)

2. Pilih tanaman bunga dengan berbagai ukuran, bentuk, dan warna.

3. Tata dengan rapih tanaman bunga di taman kecilmu.

 

source : capitalgardens.co

Tanam di Bawah Sinar Matahari Penuh

Info kedua nih, teman—teman. Tahukah kamu kupu-kupu itu berdarah dingin? Mereka sangat membutuhkan sinar matahari untuk menghangatkan diri dan sebagai penyemangat mereka ketika pagi hari. Saran untuk kalian, biarkan tanaman bungamu berada di daerah yang terkena sinar matahari paling banyak. Jangan lupa untuk meletakkan batu-batu dengan warna yang cerah. Kupu-kupu sangat menyukainya!

 

source : bigcommerce.com

Sediakan Fitur Air

Sama halnya dengan makhluk hidup lainnya, kupu-kupu juga membutuhkan air lho. Mereka hanya membutuhkan sepetak kecil tanah basah sebagai lahan minum mereka. Cara terbaik adalah dengan memasang fitur yang memercikkan air secara lembut pada tanah dan bebatuan di sekitarnya. Air dan tanah basah cukup memberi kupu-kupu kelembaban dan nutrisi yang mereka butuhkan.

 

source : grid.id

Jangan Terlalu Sering Merapikan Taman

Cobalah untuk tidak sering-sering merapikan tamanmu. Ternyata ada lho keuntungan menunda merapikan tanan kecilmu. Kupu-kupu dewasa senang bertelur di tanaman yang menjadi makanan kesukaannya.  Mereka senang bertelur di daerah kering diantara bebatuan atau batang-batang pohon.  Ada baiknya kamu membersihkan tamanmu ketika musim hujan saja. Biarkan telur-telur tersebut menetas dan menjadi ulat-ulat kecil yang nantinya akan berubah menjadi kupu-kupu.

 

source : teras.id

Jangan Gunakan Racun

Jangan sampai kamu menggunakan racun jenis apapun nih tema-teman. Serangga sangat sensitive terhdapa racun. Penggunaan peptisida, herbisida, fungisida atau racun lain sangat tidak disarankan. Ada baiknya jika meninggalkan hama. Tidak masalah jika tanaman dirusak sedikit oleh hama. Jika kamu dapat merawatnya dengan benar, serangga lainnya pasti akan menemukan hama tersebut dan memakannya.