Informasi | Tips & Trik

5 Daerah Paling Banyak Memiliki Kuman di Rumah Kita

5 Daerah Paling Banyak Memiliki Kuman di Rumah Kita

30 May 2019

Menurut Masyarakat Mikrobiologi Umum, beberapa bakteri dapat membelah setiap 20 menit dengan suhu dan nutrisi yang tepat. Itu sebabnya gejala penyakit muncul begitu cepat setelah infeksi. Satu studi tentang benda paling terkontaminasi di rumah menemukan lebih dari 340 bakteri berbeda pada 30 objek berbeda. Nah inilah 5 daerah paling banyak memiliki kuman di rumah kita :

 

source : medcom.id

A. DAPUR

Penelitti menemukan bahwa daerah di mana makanan disimpan atau disiapkan memiliki lebih banyak bakteri dan kontaminasi kuman daripada tempat lain di rumah. Lebih dari 75 persen dari sepiring hidangan dan kain memiliki Salmonella, E. coli, dan kotoran dibandingkan dengan 9 persen pada gagang keran kamar mandi lho.

 

Barang dapur lainnya yang perlu sering dibersihkan adalah :

1. Talenan

2. Pembuat kopi

3. Lemari es (Terutama yang bersentuhan dengan makanan mentah dan tidak dicuci)

4. wastafel dapur dan meja

 

Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga tempat ini bersih :

1. Gunakan tisu desinfektan pada keran, permukaan lemari es, dan meja.

2. Panaskan spons basah dalam microwave selama satu menit untuk membunuh bakteri.

3. Rendam spons dalam satu liter air hangat dengan setengah sendok teh pemutih pekat.

4. Ganti handuk hidangan beberapa kali seminggu.

5. Cuci tangan Anda sebelum dan sesudah menyentuh atau memegang makanan.

 

source : prudentialsyariah.com

B. KENOP PINTU DAN SAKLAR LAMPU

Countertops, gagang, dan sakelar lampu adalah beberapa tempat yang tidak jelas bagi kuman. Sementara banyak orang beranggapan bahwa gagang pintu kamar mandi akan menjadi yang paling kotor, NSF menemukan tempat lain yang berperingkat lebih tinggi dari bakteri.

 

Ini termasuk:

sakelar lampu kamar mandi

pegangan kulkas

tombol-tombol kompor

pegangan microwave

 

Anda dapat membersihkan bintik-bintik ini seminggu sekali dengan tisu desinfektan. Sangat ideal untuk menggunakan lap baru untuk setiap tempat alih-alih menggunakan yang sama

 

source : shopify.com

C. TAS MAKE UP

Sudut, celah, dan bulu aplikator makeup adalah real estat utama untuk kuman, terutama jika Anda membawa tas makeup Anda di luar rumah. Kuman yang hidup pada aplikator rias Anda dapat menyebabkan infeksi kulit dan mata.

 

Anda mungkin perlu mengubah cara Anda menyimpan makeup. Produk idealnya harus disimpan di tempat yang bersih dan kering pada suhu kamar. Untuk menjaga kuas makeup tetap bersih, Anda bisa mencucinya sekali seminggu dengan sabun dan air biasa atau juga menggunakan semprotan alkohol pada kuas.

 

Banyak dokter merekomendasikan mengganti kosmetik setiap enam bulan dan membuang riasan mata jika Anda memiliki infeksi mata.                   

 

source : google.com

D. KAMAR MANDI

Tidak mengherankan bahwa tempat Anda menggosok kotoran dan membersihkan tubuh Anda mengandung bakteri. Karena kelembaban dari shower air panas, kamar mandi juga merupakan tempat yang sempurna untuk pertumbuhan kuman. Tempat yang harus Anda perhatikan secara khusus adalah:

 

Bak mandi

Saluran air

Faucet

Luas lantai di sekitar toilet

Handuk mandi

Sikat gigi

 

Anda dapat membersihkan permukaan dan menangani dengan disinfektan setiap hari dan melakukan pembersihan menyeluruh seminggu sekali. Sikat gigi tua mungkin berguna untuk membersihkan ruang-ruang kecil seperti di sekitar saluran air dan keran. Anda juga harus mengganti handuk kamar mandi sekali seminggu dan sikat gigi setiap tiga hingga empat bulan. 

 

source : google.com

E. BARANG PRIBADI

Anda dapat membawa kuman dari luar ke rumah Anda setiap hari melalui sepatu, tas olahraga, dan bahkan headphone. Dari 22 rumah yang disurvei, NSF menemukan kontaminasi tinja, ragi, dan jamur yang ada pada:

 

Handphone

kunci

dompet dan uang

kotak makan siang

bagian bawah dompet

 

Sebagian besar tisu desinfektan aman untuk elektronik, tetapi jika Anda ingin lebih aman, Anda dapat menemukan persediaan pembersih khusus elektronik di toko.