Informasi | Tips & Trik

Trik Menghentikan Anak Yang Menangis Hingga Meraung

Trik Menghentikan Anak Yang Menangis Hingga Meraung

20 August 2019

Oscar living – Anak menangis? Sudah biasa. Semua bayi dan anak-anak melakukannya bahkan beberapa menangis lebih sering daripada anak biasanya. Berita baiknya adalah bahwa anak-anak cenderung kurang menangis ketika mereka sudah tumbuh dan berkembang. Nah pertanyaanya bagaimana mengatasi anakmu ketika menangis saat bayi, balita, dan tumbuh menjadi anak sekolah?

 

source : detik.net

A. Menghentikan bayi menangis

Sadarkah kamu? Setiap bayi yang lahir didunia maka kemampuan pertama mereka adalah menangis? Nah menangis inilah yang menjadi cara utama mereka berkomunikasi. Rata-rata bayi dibawah 12 bulan cenderung menangis paling banyak saat sore hari dan malam hari lho para sahabat Oscar.  

Langkah pertama yang kamu harus lakukan adalah memeriksa apakah bayimu merasa lapar, lelah, atau tidak nyaman. Seiring waktu, kamu pun akan mengerti setiap tangisan bayimu.

Bagaimana menghentikan bayi yang menangis :

  1. Jika kamu merasa bayimu menangis karena kelelahan, letakkan di keranjangnya dan berilah bayimu ketenangan dengan mendengarkan musik.
  2. Jika tangisan terjadi saat tidur, kamu bisa mulai menepuk-nepuk belakangnya sambil menyanyikan lagu lembut untuk menenangkannya. (Cobalah membuat lagu anak sambil memasukkan kata-kata seperti anak pintar, anak baik, anak sehat pada nyanyianmu).
  3. Jika bayimu menangis karena lapar, segera beri anakmu makan!

 

source : ibupediacdn.net

B. Menghentikan balita menangis

Balita menangis karena alasan yang sama seperti bayi. Hanya saja balita juga menangis sebagai cara menghadapi emosi baru seperti frustrasi, malu, atau cemburu.

Bagaimana menghentikan balita menangis :

  1. Jika anakmu menangis karena kelelahan. Biarkan dia beristirahat.
  2. Jika dia menangis karena marah dan mengamuk, bawa dia ke daerah yang aman untuk menenangkannya.
  3. Jika anakmu menangis karena fustrasi seperti contohnya dia bermain balok dan balok tersebut terus berjatuhan, katakanlah dengan lembut “Mari kita coba bersama-sama yuk”.
  4. Jika balitanmu hanya uring-uringan, cobalah mengajaknya jalan-jalan, mandi busa, atau lain-lainnya untuk membantunya merasa tidak bosan lagi.

 

source : akamaized.net

C. Cara menghentikan anak sekolah menangis :

Anak-anak cenderung kurang menangis saat mereka bertambah tua lho. Para ibu sudah bisa mulai tenang setelah anak dapat berbicara, akan jauh lebih mudah baginya untuk menggunakan kata-kata untuk memberi tahumu mengapa dia kesal dan apa yang dia butuhkan. Mungkin juga lebih mudah bagimu untuk berbicara dengannya tentang perasaannya.

Bagaimana menghentikan anak sekolah menangis :

  1. Beri anakmu kesempatan untuk tenang, lalu tanyakan padanya apa yang membuatnya begitu kesal.
  2. Tunjukkan bahwa kamu mendengarkan dengan mengulangi perasaannya kembali kepadanya. Misalnya “Kenapa sayank? Kamu merasa sedih karena Dewi tidak mau bermain denganmu?”
  3. Jika dia berkata iya, cobalah mencari solusi seperti “Bagaimana jika kamu bermain dengan Yuli saja?”
  4. Jika berkata tidak, tanyakan lagi sampai kamu menemukan jawaban mengapa anakmu menangis.
  5. Jangan memukulnya, pukulanmu justru akan membuat anakmu kebal jika terlalu sering dipukul olehmu.
  6. Ingatlah orang tua adalah cermin bagi si anak. Jika anakmu sering memukul, berarti kamu pun suka memukul.